CARA JITU MENINGKATKAN PERFORMA KOMPUTER

CARA JITU MENINGKATKAN PERFORMA KOMPUTER

Memiliki komputer yang mampu bekerja secara baik, memiliki performa yang maksimal adalah keinginan setiap pemakai atau pemilik komputer ataupun laptop.

Sebenarnya ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar komputer mampu bekerja secara maksimal, selain menambahkan atau mengupgrade hardware dalam komputer.



CARA JITU MENINGKATKAN PERFORMA KOMPUTER

Apalagi jika komputer yang dimiliki Cuma spesifikasi komputer yang paspasan seperti punya saya ini.

Kecuali komputer agan komputer dengan spesifikasi tinggi meskipun membuka beberapa program yang berat atau memakan banyak memori tapi tetap lancar, tidak disarankan untuk melakukan cara-cara yang akan saya bagikan kali ini hehe.


Hal yang dapat dilakukan supaya kinerja komputer dapat maksimal sebenarnya ada beberapa cara yang dapat dilakukan supaya kinerja komputer berjalan dengan maksimal yaitu diantaranya dengan :


Uninstall Program Yang Tidak Penting



CARA JITU MENINGKATKAN PERFORMA KOMPUTER
Karena program atau aplikasi yang tidak penting yang ada di komputer sedikit banyak dapat berpengaruh pada kinerja komputer, dan memakan atau mengurangi kapasitas drive pada komputer.

Apalagi kalau harddisk yang ada Cuma dengan kapasitas yang relatif sedikit.


Jadi lebih baik menghapus atau menguninstall program-program yang dianggap tidak penting itu untuk meningkatkan performa komputer.


Pasti banyak dari pemakai komputer sudah tahu bagaimana caranya untuk menguninstall program aplikasi di komputer.


Cara menguninstall program di komputer dengan :
Masuk ke control panel => Klik start => Control panel => Uninstall a program.


Pada menu uninstall a program jika ada aplikasi yang tidak penting yang masih ada di komputer, sebaiknya di uninstall saja.


Mengosongkan Recycle Bin




CARA JITU MENINGKATKAN PERFORMA KOMPUTER

Cara yang selanjutnya yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan kinerja komputer adalah dengan mengosongkan file-file yang ada di recycle bin.

Recycle bin adalah tempat penyimpanan data-data yang sudah terhapus pada komputer.


File yang sudah terhapus sebenarnya tidak langsung terhapus dari komputer, akan tetapi akan disimpan di recycle bin.


Oleh karena itu file-file yang ada di recycle bin adalah file-file buangah atau sering disebut file sampah, karena file yang sudah pernah dihapus.


Sebenarnya file pada recycle bin juga ada fungsinya, jadi jika kita tidak sengaja menghapus file yang penting, file tersebut tidak langsung hilang.


Tetapi masih disimpan didalam komputer dan di recycle binlah tempatnya, dan file tersebut bisa dikembalikan lagi atau tidak jadi di hapus.


Jika file yang berada di recycle bin lama kelamaan pasti akan bertambah terus jika tidak dihapus.


Untuk itu jika file yang berada di recycle bin adalah file yang sudah tidak digunakan lagi alangkah baiknya jika file tersebut dihapus secara permanen saja, untuk lebih meningkatkan performa komputer.



Untuk mengosongkan file yang berada di recycle bin dengan membuka recycle bin biasanya ada di desktop, dan jika sudah masuk pada Recycle Bin => pilih menu Empty Recycle Bin, dan secara otomatis recycle bin akan kosong.

Meminimalkan Penggunaan Gadget


CARA JITU MENINGKATKAN PERFORMA KOMPUTER

Untuk cara yang selanjutnya yaitu dengan meminimalkan penggunaan gadget ataupun shortcut pada desktop.


Untuk cara yang sau ini menurut saya sangat berpengaruh dengan kinerja komputer apalagi jika ram komputer rendah pasti akan sangat terlihat perbedaan antara desktop yang penuh gadget dan yang tidak.


Karena penggunaan gadget akan memakan memori RAM komputer meskipun Cuma sedikit, tapi jika memori sudah rendah masih digunakan untuk gadget pasti akan sangat terlihat bedanya.

Melakukan Disk Clean up Dan Disk Defragmenter

Cara yang selanjutnya yang dapat dilakukan untuk menigkatkan kinerja komputer adalah dengan melakukan disk clean up dan disk defragmenter.


Apa itu disk clean up ?



CARA JITU MENINGKATKAN PERFORMA KOMPUTER

Disk Cleanup adalah proses pengurangan atau penghapusan file yang sudah tidak lagi diperlukan oleh Windows pada hard disk dengan tujuan pembebasan sebagian ruang hard disk untuk meningkatkan kinerja komputer, karena penghapusan tersebut meliputi:


Downloaded Program Files, Temporary Internet Files, Offline Web Pages, Hibernation File Cleaner, Recycle Bin, Setup Log Files, System error memory dump files, System error minidump files, Temporary Files, Web Client / Publisher Temporary Files dan Thumbnails


Apa itu disk defragmenter ?



CARA JITU MENINGKATKAN PERFORMA KOMPUTER
Disk defragmenter adalah suatu program yang berinduk pada sistem operasi komputer (OS) yang berguna untuk menyusun kembali file-file yg diperbaharui atau yang telah di install baik secara sengaja maupun tidak sengaja.

Disk defragmenter sebenarnya dilakukan untuk merapikan ruang pada harddisk komputer.


Itulah disk clean up dan disk defragmenter.


Untuk melakukan disk clean up dan disk defragmenter sebaiknya dilakukan secara berkala. Jika menginginkan kondisi komputer agan bisa dalam kondisi baik seterusnya.


Selain untuk menghindari bad sector pada harddisk di komputer juga untuk meningkatkan performa komputer.


Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kinerja atau performa komputer. Dan cara yang saya bagikan diatas bisa dicoba untuk dilakukan untuk meningkatkan kinerja komputer agan.


Untuk melakukan cara yang saya bagikan tidak Cuma sekali, tentunya harus dilakukan cara tersebut secara berkala.


Sebenarnya masih ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan performa komputer.


Hanya itu yang dapat saya bagikan pada artikel kali ini, dan semoga dapat bermanfaat.
Previous
Next Post »