CARA MENAHBAH VIRTUAL MEMORY

Salah satu cara untuk meningkatkan performa komputer anda adalah dengan menambah virtual memori. Virtual memory adalah memori tambahan yang diambil dari ruang kosong  hardisk. Windows menyediakan fasilitas ini untuk menunjang atau meningkatkan performa komputer . Secara default windows akan mengalokasikan ruang kosong di hardisk anda sesuai dengan batas minimum kebutuhan Windows , tetapi dengan pengaturan secara manual, kita bisa menambah ruang virtual memori komputer.

Berikut cara untuk menambah virtual memori :
Kali ini OS yang digunakan adalah Windows 7 Ultimate.
  • Masuk ke Control Panel > System and Security > System atau bisa dengan menekan tombol Windows+Pause/Break. Kemudian pilih Advanced system settings.
  • Pindah ke tab Advanced, kemudian pilih Settings pada menu Performance. 
  • Pindahkan lagi ke tab Advanced, kemudian pilih Change pada menu Virtual memory.
  • Uncheck Automatically manage paging file size for all drives. Kemudian pilih Custom size dan tentukan berapa besar jumlah memory virtual yang di inginkan. Untuk maximum size bisa anda isikan 2X Initial size. Setelah itu pilih Set, kemudian pilih OK
Pengaturan virtual memory ini bermanfaat jika kapasitas memory telah penuh digunakan oleh berbagai aplikasi yang sedang berjalan di komputer. Untuk lebih mengoptimalkan kinerja windows maka bisa lakukan langkah berikut :
Cara Mempercepat Kinerja Komputer

 Demikian artikel yang dapat saya bagikan, Semoga bermanfaat. Thank for Reading.
Previous
Next Post »