CONTOH SOAL + JAWABAN MATERI SISTEM OPERASI

1. Apa yang dimaksud sistem :
    a. Batch system
    b. Multiprogramming
    c. Time sharing
    d. Paralel (multiprocessor)
    e. Terdistribusi
    f. Cluster
    g. Real time
    h. Handheld
2. Apa perbedaan sistem single programming dan multiprogramming ?
3. Apa perbedaan symmetric dan asymmetric multiprocessing ?
4. Apa perbedaan sistem paralel dan sistem terdistribusi ?
5. Perbedaan sistem terdistribusi dan sistem terklaster ?
6. Apa yang dimaksud symmetric dan asymmetric clustering ?
7. Sebutkan keuntungan menggunakan sistem terdistribusi!

 

Batch system

Batch system yaitu tugas yang dikerjakan dalam satu rangkaian atau mengumpulkan job dalam satu angkatan lalu di eksekusi secara berurutan. 

Multiprogramming

Multiprogramming yaitu kegiatan menjalankan beberapa program pada memori pada satu waktu. Dengan multiprogramming, beberapa tugas disimpan dalam memori dalam satu waktu. CPU digunakan secara bergantian sehingga mengurangi total waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas-tugas tersebut.

Time Sharing

Time Sharing adalah sebuah pembagian sumber daya yang ada pada komputer dengan cara multiprogramming dan multitasking. Dengan time sharing pengguna dapat berinteraksi secara bersamaan dengan menggunakan satu komputer.

Multiprocessor

Multiprocessor adalah sistem komputer dengan dua atau lebih CPU identik yang membagi akses secara penuh kepada RAM.

Sistem terdistibusi

Sistem terdistibusi merupakan sebuah sistem yang komponennya berada pada jaringan komputer. Komponen tersebut saling berkomunikasi & melakukan koordinasi hanya dengan pengiriman pesan (message passing). Dengan kata lain sistem ini melibatkan lebih dari satu komputer dalam suatu infrastruktur jaringan baik local,internet bahkan wireless.

Cluster

Cluster adalah kumpulan sektor media penyimpanan yang digunakan oleh sistem operasi sebagai sebuah kesatuan, yang dapat digunakan untuk menyimpan informasi di dalam berkas atau direktori. Cluster dimaksudkan untuk menghemat dalam melakukan manajemen terhadap struktur data di dalam hard disk, sehingga sistem berkas tidak akan mengalokasikan sektor disk fisik, tetapi sekumpulan sektor yang saling berdekatan.

Real time

Suatu sistem dikatakan real time jika dia tidak hanya mengutamakan ketepatan pelaksanaan instruksi/tugas, tapi juga interval waktu tugas tersebut dilakukan. Dengan kata lain, sistem real time adalah sistem yang menggunakan deadline, yaitu pekerjaan harus selesai jangka waktu tertentu. 

Handheld

Sistem Handheld adalah sebuah system operasi yang lebih kecil dari mikrokomputer yang mempunyai memori yang terbatas, kecepatan Sistem Handheld lebih rendah dan display screen yang kecil.

Perbedaan Sistem Single Programming Dan Multiprogramming

Pada sistem single programming, satu processor mengerjakan satu program yang ada di memori utama, sedangkan pada sistem multiprogramming, satu processor dapat mengerjakan banyak program yang ada di memori utama.

 Perbedaan Symmetric Dan Asymmetric Multiprocessing

Dalam Asymmetric Multiprocessing satu prosesor menjadi master dan prosesor lainnya sebagai slave. Master Processor bertugas untuk menjadwalkan dan mengalokasikan proses yang akan dijalankan oleh Slave Processors.

 Sedangkan pada symmetric Multiprocessing, setiap prosesor menjadwalkan diri sendiri. Setiap prosesor memeriksa ready queue dan memilih proses yang akan dieksekusi. Penjadwalan terlaksana dengan menjadwalkan setiap prosesor untuk memeriksa antrian dan memilih suatu proses untuk dieksekusi. 

 Perbedaan Sistem Paralel Dan Sistem Terdistribusi

Pada sistem paralel tiap processor dapat menggunakan memori atau clock bersama-sama, sedangkan pada sistem terdistribusi kumpulan processor tidak dapat digunakan secara bersamaan.

Perbedaan Sistem Terdistribusi Dan Sistem Terklaster

Sistem terdistribusi mendistribusikan komputasi di antara beberapa processor. Processor berkomunikasi dengan processor lain melalui saluran komunikasi, misalnya bus kecepatan tinggi atau saluran telepon. Sedangkan sistem terklaster adalah pengembangan dari sistem terdistribusi. Perbedaan sistem terklaster dengan sistem terdistribusi adalah pada sistem terklaster memungkinkan dua atau lebih sistem untuk membagi penyimpan sekunder (storage) bersama-sama. Sistem terklaster mempunyai kehandalan sistem yang tinggi seperti pada sistem terdistribusi.

Apa Yang dimaksud Symmetric Dan Asymmetric Clustering

Symmetric clustering yaitu sebuah sistem dimana semua host menjalankan aplikasi, sedangkan asymmetric clustering yaitu satu server menjalankan aplikasi sementara server lainnya standby.

Keuntungan Menggunakan Sistem Terdistribusi

Resource sharing

Jika sejumlah site yang berbeda dihubungkan, maka user pada site satu dapat menggunakan sumber daya dari site lainya. Sebagai contoh, user pada site A dapat menggunakan printer laser dari site B. Sebaliknya user B dapat mengakses file  user A.

Meningkatkan kecepatan komputasi

Jika komputasi tertentu dapat dipartisi dalam sejumlah sub komputasi yang dapat  berjalan secara konkuren (mengerjakan dalam waktu yang bersamaan), maka sistem terdistribusi dapat mendistribusikan komputasi pada beberapa site untuk menjalankan komputasi secara konkuren.

Lebih handal

Jika satu site gagal pada sistem terdistribusi, sisa site dapat melanjutkan operasinya. Jika sistem dibagi sejumlah instalasi besar, maka kegagalan salah satunya tidak berakibat pada sisa sistem. Sebaliknya, jika sistem dibagi dalam sejumlah mesin kecil, masing-masing bertanggung jawab pada fungsi sistem yang penting (misalnya terminal karakter I/O atau sistem file), maka satu kegagalan dapat menghentikan operasi dari keseluruhan sistem. Secara umum, jika terjadi redudansi (instruksi yang dilakukan berulang-ulang unt meningkatkan kemampuan) pada sistem (baik perangkat keras maupun perangkat lunak), sistem dapat menjalankan operasinya meskipun beberapa site gagal.

Komunikasi

Terdapat beberapa anggota program yang memerlukan mengganti data dengan data lain pada satu sistem. Sistem Windows contohnya, sering terjadi membagi data atau transfer data antara display (peragaan). Jika beberapa site dihubungkan dengan lainnya dengan jaringan komunikasi, prosessor pada site yang berbeda dapat menukar informasi. User melakukan transfer file atau komunikasi dengan user lain melalui electronic mail. Seorang user dapat mengirim mail ke user lain pada site yang sama atau site yang berbeda.

Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar