DEFINISI, TUJUAN DAN KOMPONEN SISTEM OPERASI

Apakah Operating System Itu ?

Adalah langkah-langkah dalam program yang menjembatani antara pemakai (user) komputer dan perangkat keras (hardware) komputer.

Adalah program yang bertindak sebagai perantara antara user dengan perangkat keras komputer.

Tujuan OS :

  • Mengeksekusi program-program user sehingga user dapat  menyelesaikan masalah yang dihadapi secara lebih mudah.
  • Membuat sistem komputer menjadi nyaman digunakan.
  • Mengefisienkan penggunaan hardware komputer.

Definisi Sistem Operasi

Sistem Operasi sebagai Extended Machine ( Perluasan Mesin ) 

Sistem operasi dibuat untuk menyembunyikan keadaan sesungguhnya dari perangkat keras dengan tampilan yang menyenangkan dan mudah digunakan. Disini sistem operasi berperan sebagai penyedia interface yang sesuai berupa perluasan mesin (extended machine) atau mesin semu (virtual machine).

Sistem Operasi sebagai Resources Manager (Pengelola Sumberdaya )

Pendekatan fungsi ditinjau dari arah perangkat keras atau bottom up view. Sistem operasi beperan untuk mengatur, mengorganisasikan, mengoperasikan secara keseluruhan bagian sistem yang kompleks. Sistem operasi mengontrol alokasi sumberdaya sistem komputer (pemroses, memori, piranti I/O) untuk berbagai program yang akan memakainya.

Secara Umum Komponen Sistem Komputer Terdiri Dari :

  1. Perangkat Keras : Sumber daya utama untuk proses komputasi, yang terdiri dari : CPU, memory dan perangkat input output. 
  2. Sistem Operasi : Mempunyai tugas untuk melakukan control dan koordinasi penggunaan perangkat keras pada berbagai program aplikasi untuk user-user yang berbeda. 
  3. Program Aplikasi : Menentukan cara sumber daya sistem digunakan untuk menyelesaikan permasalahan komputasi dari user, contohnya compiler (sebuah proses memeriksa code yang kita buat benar atau salah lalu diterjemahkan code tersebut ke bahasa mesin), sistem basis data, video games, program bisnis, Text Editor (program pada komputer yang digunakan untuk editing file text) dan lain-lain. 
  4. User : Yang menggunakan sistem, terdiri dari orang, mesin atau komputer lain.
Hubungan antara komponen-komponen sistem komputer diatas dapat dilihat pada gambar.
Komponen sistem operasi
Komponen-komponen sistem komputer

Sistem Operasi Didefinisikan Sebagai :

Resource allocator : Sistem operasi mengatur dan mengalokasikan sumber daya sistem komputer

Program control (Program kendali) : Sistem operasi melakukan control eksekusi dari program user dan operasi-operasi pada peralatan I/O (input-output).

Kernel : Sistem operasi sering disebut kernel, yaitu suatu program yang berjalan sepanjang waktu atau terus menerus pada setiap saat/seluruh waktu (selain program aplikasi). 

Artikel Terkait :
Jenis - Jenis Dan Pengenalan Sistem Operasi
Struktuk Sistem Operasi
Previous
Next Post »