LINGKUNGAN KERJA PROGRAMMER

LINGKUNGAN KERJA PROGRAMMER



Menjadi seorang programmer sering mengalami kondisi dimana saat dituntut untuk menyelesaikan aplikasi, kondisi badan sedang kurang fit dan pikiran tidak tenang, maka hal yang gampang akan terasa susah dan rumit. Tapi jika kondisi sedang tenang dan fit hal yang rumit akan terasa mudah dan aplikasipun cepat selesai dikerjakan. programmer sering  kerja overtime, lembur, hingga dini hari bahkan saat hari libur atau weekend, agar proyek tetap pada timeline yang ditentukan.

Maka dari itu Lingkungan kerja yang seharusnya dimiliki oleh seorang programmer adalah lingkungan kerja yang nyaman dan tidak membatasi kreativitas, lingkungan yang penuh dengan sumber daya. Sumber daya yang dimaksud disini adalah sumber informasi yang berupa buku atau internet. Internet saat ini merupakan sumber daya yang sangat berarti bagi seorang programmer. Sudah jarang programmer yang bisa menghafal semua syntax tanpa membuka referensi. Lingkungan yang membuat nyaman kerja programmer sangat diidamkan.

Biasanya kerja programmer freelance atau online sangat diidamkan, karena kita bisa mengeset workspace kita sendiri. Namun kelemahan freelance adalah jaminan financial yang tidak pasti. Dan seorang freelancer yang bekerja dari kamar dirumah, duduk berlama-lama tanpa aktifitas lain jelas tidak sehat dan mengancam kesehatan dalam waktu dekat maupun jangka panjang. Beberapa programmer dalam perusahaan tertentu kondisinya lebih baik, mungkin gaji tidak terlalu tinggi tetapi kehidupan lebih baik,seperti tempat kerja yang nyaman, disediakan tempat fitness khusus,  Jaminan financial yang pasti bisa kita dapat, yaitu dengan mengabdi terhadap perusahaan/instansi, namun bisa dipastikan kreativitas tidak dapat berkembang pesat. 

Thanks For Reading
Previous
Next Post »